Ads Top

Data Input Grid Control untuk VB6 (Free Download)

Salah satu fasilitas dalam pembuatan program aplikasi, terutama program dengan VB6 adalah aplikasi yang menggunakan data grid pada form input yang dibutuhkan. Misalnya dalam modul transaksi yang mana kita diminta untuk mengisi lebih dari 1 item dalam 1 nomor transaksi tertentu seperti contoh yang terlihat pada gambar di bawah ini:
Data Input Grid Control untuk VB6 (Free Download)

Hal ini kadang-kadang membuat programmer newbie merasa betapa bagaimana sulitnya untuk dapat mengakomodasi aplikasi menggunakan data masukan grid sesuai yang diinginkan.

Ada banyak cara untuk menerapkan model input data grid dengan berbagai komponen ActiveX (OCX), misalnya menggunakan kontrol ListView yang dikombinasikan dengan TextBox atau menggunakan FlexGrid bergabung dengan TextBox dan ada banyak cara lain sesuai dengan keinginan kita. Tapi kendala dalam melakukan edit terhadap kontrol ini sangat sulit, terutama jika akan digunakan dalam beberapa bentuk transaksi yang berbeda-beda. Oleh karena itu, cara yang paling baik jika kita membuat ActiveX Control (OCX) dengan desain tang umum serta parameter yang bisa diubah sesuai dengan kebutuhan aplikasi transaksi.

Dalam pengalaman saya ketika mengembangkan program aplikasi dengan jumlah modul transaksi yang banyak, mengharuskan saya untuk dapat memaksimalkan kebutuhan tersebut, sehingga saya harus membuat kontrol ActiveX Data Input Grid untuk  bisa digunakan secara independen, fleksibel dan mudah diterapkan program aplikasi, sehingga kecepatan dalam menyelesaikan proyek dapat dimaksimalkan.

Oleh karena itu, saya akan memberikan gratis komponen ActiveX Control (OCX) untuk para programer yang membutuhkannya. Jika Anda tertarik silahkan download komponen di sini, berikut juga saya sertakan contoh sederhana bagaimana cara menggunakanmya dalam VB6.

Pada prinsipnya untuk menggunakan komponen tersebut adalah sebagai berikut:
  1. Setelah anda men-download komponen tersebut (DataBrowse.ocx), lakukan register komponen dengan menggunakan perintah RegSvr32....
  2. Kemudian buat sebuah proyek baru yang menggunakan VB6 (Standard Exe), kemudian tambahkan DataBrowse komponen ke dalam proyek dengan memilih menu "Project - Components" atau menekan kunci Ctrl + T. Pilih komponen "Sena Software Data Table Browse Component".
    Data Input Grid Control untuk VB6 (Free Download)
  3. Drag komponen DataBrowse ke dalam form, dan kemudian lakukan pengaturan sesuai dengan kebutuhan anda. Untuk lebih detail anda bisa lihat dari contoh yang saya sertakan dalam file download.
Ini adalah salah satu hasil karya dan pengalaman saya dalam pemrograman VB6, terutama kebutuhan akan model input grid data dan saya harap artikel ini dapat membantu Anda. Jika Anda memiliki pertanyaan tentang hal tersebut diatas, anda bisa memberi komentar pada artikel ini atau bisa menghubungi saya lewat email.

Untuk panduan cara penggunaan secara visual dapat anda lihat di Channel Berbagi Ilmu Praktis.
Powered by Blogger.